NUFFNANG

FOLLOW CIKMALA

TINGGALKAN JEJAK AWAK

JANGAN LUPA TINGGALKAN JEJAK AWAK

LIKE???

Khamis, 17 Mei 2012

NABI LUTH A.S

LUTH 

adalah kemenakan Nabi Ibrahim a.s. Ia mengikuti ajaran agama yang dibawa oleh pamannya 
Ia menemani Ibrahim melakukan hijrah serta membuka usaha peternakan. Setelah meraih kesuksesan dan kekayaan, mereka membagi usaha peternakannya. Nabi Ibrahim a.s. 
berusaha di sebelah barat Palestina, sedangkan Luth tinggal di sebelah timur Palestina, dekat kota Sodom. Ke kota inilah Luth diutus oleh Allah Swt. 
untuk meluruskan kaumnya yang bejat karena berhubungan badan sesama jenis kelamin. Karena tidak mengindahkan peringatan Luth, kaumnya ditimpa bencana yang pedih. 
Keluarganya selamat dari hukuman Allah Swt., kecuali istrinya Walihah yang ingkar. 
Nama Luth disebut sebanyak 23 kali dalam Al-Qur'an, dan kisahnya terdapat dalam 85 ayat pada 12 surah. 

DAKWAH LUTH 

Luth diutus oleh Allah Swt. untuk mengajak kaumnya ke jalan yang benar. Tapi seruan Luth yang disampaikan dengan kearifan tidak digubris kaumnya. 
Malah, mereka hendak mengusir Luth serta keluarganya dari negerinya sendiri 
Maka Luth berdoa kepada Allah, 
"Ya, Tuhanku! Tolonglah aku (dengan menimpakan azab) atas kaum yang berbuat kerusakan itu" 
(Q.29:30). 
Allah Swt. mengabulkan doa Luth, lalu membinasakan kota Sodom. 

SODOM 

Sodom terletak di daerah pesisir Laut Mati, di bagian tenggara Palestina. Kemaksiatan dan kemunkaran merajalela dalam pergaulan hidup warganya. 
Mereka berperilaku bejat dengan melakukan hubungan seks yang menyimpang. Kaum laki-laki tidak mencintai kaum perempuan, begitu juga sebaliknya 
Mereka tidak lagi melakukan perkawinan antara laki-laki dan perempuan, melainkan saling menyukai sesama jenis kelamin mereka. 

TAMU MALAIKAT 

Setelah bertemu dengan Nabi Ibrahim a.s. untuk mengabarkan kelahiran Nabi Ishaq a.s. serta azab yang akan menimpa penduduk Sodom. 
para malaikat Allah Swt. segera menuju Sodom. Sosok para malaikat itu menyerupai pria remaja tampan. Di Sodom mereka meminta izin kepada putri Luth untuk bertamu di rumahnya. 
Luth dan keluarganya menerima dengan cemas kedatangan mereka. Penduduk Sodom mengetahui kehadiran mereka dan berusaha merebut mereka dari tangan Luth. 
Melihat Luth cemas dan takut, para tamu itu mengaku bahwa mereka adalah malaikat 
Lalu mereka meminta Luth, keluarga, dan para pengikutnya segera meninggalkan Sodom, karena Allah Swt. akan menurunkan azab bagi kaumnya. 

WALIHAH 

Istri Luth, Walihah, berkomplot dengan penduduk yang ingkar terhadap dakwah Nabi Luth, suaminya. Ia membocorkan kedatangan tamu Luth kepada penduduk Sodom. Ketika azab Allah Swt. akan turun menimpa desa Sodom, Walihah diajak Luth untuk menyelamatkan diri, tetapi hati Walihah terlalu sayang kepada penduduk Sodom. 
Maka Walihah pun ikut tertimpa azab Allah Swt. 

HUJAN BATU 

Allah Swt. menghancurkan penduduk Sodom dengan hujan batu dan tanah yang keras 
Adapun Luth, para putrinya, dan pengikutnya yang beriman selamat dari azab Allah Swt 
(Q.27:57). 

Tiada ulasan:

ANDA MUNGKIN JUGA MEMINATI

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...