NUFFNANG

FOLLOW CIKMALA

TINGGALKAN JEJAK AWAK

JANGAN LUPA TINGGALKAN JEJAK AWAK

LIKE???

Khamis, 17 Mei 2012

NABI ISHAQ A.S

Nabi ISHAQ as

ISHAQ adalah salah satu putra Nabi Ibrahim a.s. dari istri yang bernama Sarah. Ia lahir pada saat Ismail berusia sekitar 14 tahun. 
Ismail adalah juga putra Nabi Ibrahim dari istri yang bernama Hajar. 
Sejak kecil, Ishaq dididik dan diajar oleh Sarah dan Nabi Ibrahim agar taat menjalankan perintah Allah Swt. dan menjauhi larangan-Nya. 
Setelah dewasa, ia melanjutkan dakwah ayahnya. Ia pun termasuk salah seorang nabi yang mendapat limpahan keberkatan. 
"Kami limpahkan keberkatan atasnya (Ibrahim) dan Ishaq" 
Dalam Al-Qur'an nama Ishaq disebut sebanyak 16 kali. Dari Ishaq inilah muncul sebagian besar nabi dan rasul yang disebut Al-Qur'an. 
Ishaq adalah nenek moyang kaum Bani Israil (Yahudi). Pada usia 180 tahun, ia meninggal dunia di Jirun yang kini dikenal sebagai kota Madinah. 

NABI KETURUNAN ISHAQ 

Ishaq menikah dengan Rafiqah. 
Dari keturunan mereka banyak sekali muncul para nabi dan rasul yang dalam Al-Qur'an kadang-kadang disebut dengan istilah al-Asbat yang artinya 'suku-suku Bani Israil'. 
Dari dua orang anak mereka, yaitu Ya'qub dan 'Aish menurunlah garis kenabian. Ya'qub menurunkan garis kenabian pada Yusuf. 
Adapun 'Aish menurunkan generasi seorang nabi dan rasul yang bernama Ayub. Nabi Musa yang menerima Sepuluh Perintah Tuhan juga merupakan turunan Ishaq. 

SARAH 

Nabi Ibrahim dan Sarah telah lama menikah namun belum juga dikaruniai seorang anak. Rupanya Sarah mandul. 
Walaupun demikian, ia tetap berdoa kepada Allah, agar dianugerahi seorang anak. 
Karena tidak bisa mempersembahkan seorang anak, akhirnya Sarah pun mengizinkan suaminya menikahi Hajar-budak pemberian raja Mesir. 
Pada saat usianya sudah semakin tua, Sarah mendapat kabar gembira dari malaikat. Ia akan dikaruniai Allah seorang anak yang saleh, dan Allah akan mencurahkan rahmat- Nya 

"TERTAWA" 

Sarah heran dan tertawa mendengar berita suka cita tentang anugerah seorang putera baginya. Karena itulah anaknya diberi nama Ishaq. 
Nama itu berasal dari bahasa Ibrani yang berarti 'tertawa gembira seraya terkejut'. 

Tiada ulasan:

ANDA MUNGKIN JUGA MEMINATI

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...